Halooo Slurr... --^ ...

Setelah postingan sebelum nya kita review tentang CBR CBU dengan k45 , sekarang giliran mimin untuk share perbedaan antara k45 dan CBR 45G (Facelift).

Kali ini Mimin akan mereview perbedaan  antara CBR K45 (2014) dengan CBR K45G (2016).

Apakah CBR K45G layak menjadi pengganti CBR K45 dimata konsumen? mana ku tahu --^.

image

CBR K45 ini tidak hanya terlihat lebih  sporty dibandingkan pendahulunya namun lebih canggih, mulai dari bentuk  body, spidometer, pencahayaan hingga hal-hal yang kurang diperhatikan  oleh rider juga dirubah oleh Honda demi meningkatkan kenyamanan dan  fungsi, mari kita lihat perbedaan apa yang terlihat :

1. Sasis
image

Jika anda memperhatikan lebih detail  tentang CBR K45G ini terlihat sektor belakang lebih menungging dari pada  CBR K45, hal ini disebabkan karena Honda merombak total bagian belakang  sehingga jok belakang lebih terlihat menungging, sedangkan pada  mounting depan atau braket engine hanger menggunakan material aluminium  yang diklaim lebih mampu meredam getaran.

2. Footstep depan
image

Honda memberikan perubahan pada sektor  ini, perombakan membuat modelnya lebih sporty apalagi dengan hadirnya  lubang pada penampang footstep serta modelnya lebih tajam daripada versi  sebelumnya.

3. Kapasitas Tangki dan penutup Tangki
image

Bentuk tangki masih terlihat sama dengan  pendahulunya namun siapa sangka kapasitas di K45G ini lebih kecil dari  sebelumnya yakni 12 Liter (diK45 yaitu 13,2 Liter), namun jangan kwatir  karena menurut Honda kapasitas ini sudah dirasa sangat cukup untuk  menempuh jarak jauh karena menurut AHM karena mesin baru lebih  efiesien.

Maka motor ini jauh lebih irit.

Pengetesan mengatakan, 12  liter new CBR150R mampu menjelajah hingga     492,1 km dari sebelumnya 13,2  liter hanya 441,9 km. Terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Selain  itu Honda juga merombak tutup tanki yang dilengkapi engsel.

4. Jok
image

Berbeda dengan versi sebelumnya di CBR  K45G ini bentuknya dibuat terpisah antara rider dan boncenger, mungkin  dibuat begini sebagai option bagi single rider jadi kalo gak dipakai  bisa ditutup atau dilepas, cocok buat yang jomblo atau gak mau boncengan  kalo naik motor.

5. Spion
image

Desain spion juga dibikin lebih sporty

6. Pelek
image

Desain pelek CBR K45G sama seperti All  New CB150R yaitu berpalang 8 dimana sebelumnya berpalang 5, namun tapak  masih tetap sama dengan sebelumnya.

7. O2 Sensor
image

Masih sama dengan sebelumnya yakni diarea knalpot namun letaknya saja yang berbeda.

8. Throttle body
image

Dari keterangan yang diumbar Honda, TB  dari new CBR150R masih tetap 30mm. Namun lubang injector lebih banyak  yakni ada 8 dari sebelumnya 6 dan posisi dimanipol. Tujuannya untuk  meningkatkan performa mesin secara keseluruhan khususnya sisi akselerasi

9. Engine
image

Untuk mesin AHM merubah karakter bore  stroke agar didapatkan respon engine yang spontan. Jika sebelumnya 63.5 x  47.2 yang baru menjadi 57,3 x 57,8. Beberapa poin lain adalah hadirnya  roller rocker arm serta cooling structure built in untuk mengoptimalkan  pendinginan.

10. Speed sensor
image

Pada generasi all new CBR150R…sensor  kecepatan berubah. Jika sebelumnya membaca dari putaran roda depan maka  yang terbaru sudah pindah keengine. Cara kerjanya adalah membaca  kecepatan putaran gear pada main shaf.

11. Spidometer
image

Perbedaannya sangat jelas sekali dengan  pendahulunya yang masih analog, kini CBR menjadi full digital yang  dilengkapi dengan pengaturan2 yang lengkap dan saat anda ingin mematikan  mesin akan terlihat kata “SEE YOU’.

12. Stoplamp
wp-1459919719262.jpeg

Lampu belakang K45G dibekali dengan  lampu LED berkekuatan 2,2/0,3 x 1 sehingga jauh lebih irit soal komsumsi  listrik. Secara total khusus tail light ada 15 LED. Jadi saat nyala  berbarengan daya yang dibutuhkan lampu belakang hanya 4,5watt plus 2,2  watt ketika mengerem. Bandingkan stoplamp sebelumnya yang mencapai  21/5W.

13. Headlight
image

Total berbeda baik dari bentuk maupun pencahayaan yang sekarang menggunakan LED sama seperti All New CB150R

14. Slebor Belakang
image

Desain spatbor belakang all new CBR150R dibuat agar mudah dicopot tanpa perlu merusak konstruksi buritan

15. Bridge, fork top & cap front fork
image

Seperti ogah nanggung, AHM juga merombak  desain triple clamp atas (bridge fork top). Pada garpu serta nut  steering kini dibekali cap atau tutup material plastik sehingga terkesan  lebih sporty

16. Knalpot
image

Berbeda dengan CBR sebelumnya, part pada CBR K45G sama persis dengan All New CB 150R.

17. Foot step Belakang
image

Bentuk dibuat lebih memanjang dan posisinya didalam chasis bukan di luar.

Nah pembaca sudah tahu kan perbedaannya,  jadi sekali lagi Mimin jelaskan bahwa CBR K45G ini tidak hanya  mempercantik dirinya sendiri namun juga menyuguhkan berbagai fitur yang  serba kekinian yang konsumen harapkan dari sebuah motor sport.

Tapiii apapun jenis CBR nya.. CLUB nya CBR CLUB BANDUNG dong gaisss....

article ini didapat dari sumber link disinih gais : https://otobalancing.net/2016/04/06/perbedaan-cbr-lama-k45-dan-cbr-baru-k45g/