Perbedaan K45 Sama CBU FI (KPP)

Perbedaan Honda CBR 150R AHM dengan Import Thailand

Perbedaan K45 Sama CBU FI (KPP)

Haloooo Gaiss setelah posting mengenai agenda Acara CBR CLUB INDONESIA terus, sekarang kita share tentang Si Kuda besi nya ya gaiss.

Honda CBR 150R AHM diluncurkan pada bulan September 2014.

Antusias masyarakat begitu  hebatnya bisa dilihat dari pemesanan indent online yang mencapai 1500  unit dalam waktu singkat.

Honda CBR 150R AHM (K45 Local) ini hadir menggantikan Honda CBR 150R import  Thailand (KPP). Tentu didalam perubahan ini banyak pertanyaan dari anda apa  saja perubahan dari kedua model ini.

Mari simak 10 perbedaan antara  Honda CBR 150R lokal dengan Honda CBR 150R impor Thailand berikut ini.

1. Harga

Honda CBR 150R yang pertama diimpor dari Thailand pertengahan tahun  2011 lalu cenderung dibanderol dengan kisaran harga Rp 40 jutaan. Hal  ini justru bisa dikatakan jauh lebih mahal daripada All New Honda CBR  150R buatan AHM dengan harga cukup bersaing yang hanya berkisar antara  Rp 28-29 juta saja.

2. Dimensi & Performa

Perbedaan CBR 150R AHM Dengan Import Thailand - Dimensi

Secara keseluruhan, ukuran fisik dari Honda CBR 150R impor Thailand  dengan All New Honda CBR 150R lokal tidak jauh berbeda. Honda CBR 150R  CBU memiliki ukuran panjang 1.977 mm, lebar 695 mm, tinggi 1.130 mm dan  wheelbase 1.310 mm. Sedangkan All New Honda CBR 150R berukuran 1.995 mm x  711 mm x 1.117 mm serta jarak sumbu roda 1.296 mm.

Untuk urusan performa, sebenarnya kedua jenis motor di atas sama-sama  memiliki kapasitas mesin 150cc, 4 valve, DOHC system, dan didukung  dengan adanya transmisi manual hingga 6 percepatan. Namun, menurut uji  coba yang telah dilakukan, All New Honda CBR 150R AHM cenderung lebih  bertenaga daripada Honda CBR 150R impor Thailand. Hasil pengujian yang  beberapa lalu dilakukan oleh PT AHM juga membuktikan bahwa All New Honda  CBR 150R AHM dapat mencapai kecepatan maksimal hingga 131 km/jam, atau  berada 1 km/jam lebih cepat daripada Honda CBR 150R impor yang mampu  mencapai 130 km/jam.

3. Fairing

Perbedaan Fairing Honda CBR 150R AHM Dan Import Thailand

Sebelah Kiri Honda CBR 150R Import Thailand. Sebelah Kanan Honda CBR 150R AHM

Secara kasat mata, ada sedikit perbedaan yang terlihat pada fairing  All New CBR 150R AHM bila dibandingkan dengan CBR 150R impor Thailand.  Honda CBR 150R CBU lebih terinspirasi dari model Honda VFR 1200R,  sedangkan desain fairing All New Honda CBR 150R terkesan lebih dinamis  dan cenderung terinspirasi dari model Honda CBR 1000RR.

4. Headlamp

Perbedaan Headlamp Honda CBR 150R AHM Import Thailand

Honda CBR 150R Import Thailand Memiliki Single Eye Headlamp Sedangkan Honda CBR 150R AHM Memiliki Dual Keen Eyes Headlight

Perbedaan mencolok lainnya terletak pada konsep headlamp yang diusung  oleh masing-masing produk CBR 150R di atas. Jika pada Honda CBR 150R  impor Thailand memiliki single headlamp dengan daya sekitar 60/55 Watt,  beda halnya dengan All New Honda CBR 150R AHM yang didesain memiliki  double headlamp (dual keen eyes) dengan kapasitas bohlam masing-masing  berdaya listrik 35 Watt.

5. Muffler

Perbedaan Muffler Honda CBR 150R AHM Import Thailand

Muffler (Knalpot) Pada Honda CBR 150R Import (Kiri) dan Honda CBR 150R AHM (Kanan)

Sementara pada bagian muffler, perbedaan signifikan antara kedua  jenis motor Honda di atas lebih dititikberatkan kepada desain dan fitur  yang disematkan. Muffler Honda CBR 150R CBU cenderung berbentuk Midship  dengan desain yang lebih pendek dan lebar, sementara All New Honda CBR  150R AHM memiliki desain yang lebih ramping dan panjang serta dilengkapi  dengan dudukan untuk O2 Sensor pada bagian leher knalpot.

6. Body Frame

Perbedaan Body Frame Honda CBR 150R AHM Import Thailand

Honda CBR 150R Import Menggunakan Twin Tube Frame (Kiri) Sedangkan Honda CBR 150R AHM Menggunakan Trellis Frame (Kanan)

Mengintip lebih dalam mengenai desain frame yang menyokong bagian  body motor, kali ini perbedaan antara kedua motor di atas lebih terletak  pada bentuk rangka sasisnya. Honda CBR 150R impor Thailand memiliki  rangka berjenis Twin Spar (Twin Tube), sedangkan All New Honda CBR 150R  pabrikan AHM cenderung mengadopsi sistem rangka Trellis dengan konsep  Diamond Truss yang sebelumnya sempat digunakan oleh Honda CB 150R  StreetFire, namun dengan beberapa modifikasi terutama pada bagian  bracket dan sub-frame.

7. Rear Suspension

Perbedaan Rear Suspension Honda CBR 150R AHM Import Thailand

Kedua tipe masih menggunakan tipe suspensi tunggal tetapi pada Honda CBR 150R AHM dilengkapi dengan sistem Pro-Link Suspension

Pada bagian suspensi belakang, Honda CBR 150R CBU masih menggunakan  sistem suspensi tunggal konvensional. Sementara hal yang menarik dari  hadirnya All New Honda CBR 150R AHM adalah pada bagian suspensi  belakangnya sudah mengadopsi suspensi tunggal yang dilengkapi dengan  fitur Pro-Link Suspension.  Fitur ini diklaim mampu mendukung kinerja motor terutama pada saat  terkena goncangan, sekaligus meningkatkan kenyamanan berkendara saat  bermanuver.

8. Regulator Rectifier

Perbedaan Regulator Rectifier

Perbedaan Regulator Rectifier

Regulator Rectifier atau yang biasa dikenal dengan Voltage Regulator  adalah salah satu bagian vital pada motor yang berfungsi untuk sistem  kelistrikan motor tersebut. Komponen ini bekerja dengan cara mengubah  arus bolak-balik (AC) yang dihasilkan oleh alternator menjadi arus  searah (DC) yang digunakan untuk mengisi ulang baterai dan mengatur  besarnya tegangan kelistrikan yang dihasilkan pada motor. Secara fitur  maupun fungsi, kedua jenis motor Honda CBR 150R baik lokal maupun impor  memiliki kesamaan yakni output 3 phase and full wave. Namun yang  membedakan keduanya justru lebih kepada bentuk fisiknya yang kemungkinan  besar dipengaruhi pula oleh bentuk rangka mesin yang berbeda.

9. Bank Angle Sensor

Perbedaan Pada Bank Angle Sensor

Perbedaan Pada Bank Angle Sensor

Fitur Bank Angle Sensor atau sensor rebah pada kedua jenis motor di atas memiliki perbedaan yang cukup mendasar  pada bentuk fisiknya. Dalam hal ini, Honda CBR 150R impor memiliki  keunggulan karena spesifikasinya yang memiliki 3 kabel dan posisinya  yang berada di bagian tebeng depan motor. Sedangkan fitur BAS pada All  New Honda CBR 150R lokal hanya memiliki 2 kabel dan posisinya berada di  dekat sasis turbular.

10. Fuel Pump

Perbedaan Pada Fuel Pump

Perbedaan Pada Fuel Pump

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, perbedaan signifikan yang  terdapat pada kedua jenis motor Honda CBR 150R baik lokal maupun impor,  bila dilihat dari komponen fuel pump-nya sebenarnya lebih terletak pada  posisi filter (penyaring) BBM yang berada di dalam dan di di luar tangki  bensin.

Sekian ya Gais Artiket tentang si kuda besi, Informasi ini di dapat dari https://www.hondacengkareng.com , Untuk selanjutnya mimin akan membahas : Substitusi Honda CBR 150 Mudah Dicari dan Lebih Murah Meriah.

Makanya kalo gabut bete dan ga ada kerjaan pantengin terus website kita barang kali admin lagi nyelooo dan update berita terkini nya.. Oke Gaiss BaiBai.