Saat Astra Honda Motor (AHM) resmi mengeluarkan Honda CBR 150 (2012)  tentu banyak yang girang.

Motor ini jadi pelepas dahaga pecinta motor  sport 150 cc fairing. Seiring usia, perawatan diperlukan. Komponen fast  movingnya harus tetap diperhatikan agar performa motor keren ini tetap  terjaga. Salah satunya, kampas rem depan.

Sesuai dengan kerennya  tongkrongan, ternyata perawatan juga lumayan 'keren'.

“Kalau pakai  kampas rem orisinillll Honda CBR CBU FI 150 kemahalan ahhhh,” ujar BoniW,  penunggang Honda CBR CBU FI 150 2011.

“Ternyata setelah diteliti oleh  bengkel langganan, kampas rem depan CBR saya bisa pakai kampas rem depan  punya Honda Mega Pro. Keuntungannya tentu harga jadi lebih murah,” ujar  BoniW yang juga Bekerja sebagai Programer.

Hal ini diamini Ahmad, mekanik  GP MOTOR BANDUNG :

Bengkel spesialis Honda CBR yang terletak di jalan Gatot Subroto Bandung  ini sering melakukan substitusi seperti itu pada kuda besi  konsumennya. “Sama kok spek ukuran antara kedua motor tersebut, jadi  bisa saling tukar. Kampas rem depan yang punya Honda CBR150 harganya Rp.  125 ribuan,” jelas Ahmad.

Nah, sekarang bandingkan dengan kampas  rem Honda Mega Pro yang beda banderolnya cukup jauh.

“Sementara kalo  punya Mega Pro injeksi merek Federal Parts harganya Rp. 35 ribu aja,”  seru Ahmad.

Lumayan, kan perbedaan harganya.

Dengan trik ini, BoniW merasa  cukup tertolong saat harus ganti kampas rem di tanggal tua.

Walau  hampir tak ada kendala dan efeknya, Ali menyebut kampas rem Mega Pro  sedikit lebih cepat habis ketimbang ori CBR 150. Tapi dengan begitu BoniW  merasakan cengkraman rem depannya lebih menggigit ketimbang pakai yang  ori. “Pakai kampas rem depan Mega Pro, saya jadi lebih percaya diri,  lebih enak dari yang ori CBR 150,” ujar BoniW yang juga fans Zaskia Gotik.

Nah,  silahkan dipilih deh. Asal jangan ngebut dan tetap jaga jarak, ya! Gasssss....